Cara merangkum isi diskusi

rangkuman diskusi
Pengertian diskusi adalah suatu kegiatan bertukar pikiran mengenai suatu permasalahan. Dalam diskusi, peserta berpikir bersama dan mengungkapkan pikirannya sehingga menambah pengertian dirinya akan permasalahan dan pendangan orang lain tentang permasalahan tersebut.

Cara Merangkum Isi Diskusi

Tujuan utama berduskusi ialah memecahkan masalah. Hal - hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan masalah untuk diskusi adalah sebagai berikut.
  1. Menarik perhatian para peserta.  
  2. Maksut dari menarik perhatian para peserta adalah permasalahan yang akan disampaikan dalam suatu diskusi harus mengenai hal-hal yang diketahui oleh para peserta dan permasalahan yang dianggap menarik oleh para peserta. Dalam hal ini masalah yang akan didiskusikan harus malasah yang hangat atau bahan pembicaraan masyarakat. Semakin aktual suatu permasalahan semakin banya peserta yang menaruh perhatian pada kegiatan diskusi.
  3. Sesuai dengan kapasitas pengetahuan para peserta.
  4. Didalam diskusi pasti ada seorang peserta. Jika ingin melakukan diskusi sesuaikan permasalahan yang akan dibahas. Karena jika permasalahan tidak sesuai dengan pengetahuan para peserta maka diskusi tidak akan berjalan dengan lancar. Contohnya didalam diskusi sekolah kita bahas pemasalahan tentang nilai siswa yang turun drastis. Masalah yang didiskusikan harus sesuai dengan jangkauan pikiran peserta.
  5. Susuai dengan waktu dan situasi para peserta.
  6. Waktu dan situasi adalah hal yang paling penting dalam dalam menentukan suatu permasalahan. Contohnya waktu-waktu ini banyak orang membahas begal maka ambila permasalahan tentang begal dan lihat apakah para peserta tahu akan kejahatan begal, jika para peserta tidak tahu akan masalah kejahatan begal maka tidak usah mengambil topik kejahatan.
Kegunaan diskusi antara lain untuk melatih keberanian mengungkapkan pendapat sendiri dan berpikir secara tepat, kritis, logis, dan objektif. Selain itu, dapat menghargai pendapat orang lain dan sikap toleransi terhadap perbedaan yang ada. Dalam diskusi, anda bisa memperoleh informasi penting yang dapat ditemukan pada pokok-pokok pembicaraan. Pokok-pokok pembicaraan tersebut meliputi hal-hal berikut.
  1. Orang yang melakukan pembicaraan dan mengungkapkan pendapat.
  2. Isi pembicaraan, meliputi : apa dan siapa yang dibicarakan, tempat dan waktu kejadian, serta 
  3. penyebab dan bagaimana kejadian tersebut (5W + 1H).\
Anda dapat melaporkan pokok-pokok pembicaraan dalam bentuk rangkuman dengan langkah- langkah berikut.

  1. Mencatat pokok-pokok pembicaraan diskusi. 
  2. Dalam kegiatan diskusi anda dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan yang merupakan inti dari pembicaraan yang berisi hal-hal penting dalam suatu diskusi. Tidak semua pembicaraan adalah pokok-pokok diskusi, pokok-pokok mempunyai sebuah ciri tersendiri yaitu : Sering diulang oleh pembicara dalam keseluruhan pembicaraanya, Mendapatkan penekanan dalam pembicaraan, Pokok pembicaraan dapat dilihat dari judul atau topik pembicaraan, Pokok pembicaraan ditegaskan kembali di akhir pembicaraan
  3. Mencermati kembali pokok-pokok pembicaraan diskusi yang telah dicatat.
  4. Setelah anda mencatat pokok-pokok pembicaraan diskusi, langkah selanjutnya adalah cermati apa yang sudah anda catat. Agar semua yang anda catat tidak ada kesalaahan karena jika penulisan pokok-pokok pembicaraan salah, maka bukan tidak mungkin akan terjadi kesalahpahaman saat catatan diutarakan.
  5. Mengubah setiap pokok-pokok pembicaraan dalam sebuah kalimat. 
  6. Langakah yang terahkir adalah mengubah pokok-pokok tadi yang telah ditulis menjadi beberapa kalimat. Langkah ini bertujuan agar rangkuman yang anda tulis mudah untuk dilaporkan.

Mendengarkan informasi dalam forum diskusi membutuhkan kepekaan telinga dan logika anda. Kemampuan ini digunakan untuk meyikapi uraian atau penjelasan dari informasi atau masalah yang sedang didiskusikan. Peserta diskusi juga dapat mencatat gagasan pembicaraan dalam diskusi sebagai bahan untuk mengajukan pertanyaan, mengemukakan tanggapan, ataupun menanggapi kritikan terhadap bahan diskusi. Selain itu, dapat dikembangkan untuk membuat rangkuman. Merangkum isi diskusi berarti merangkum seluruh uraian hasil diskusi.

    Previous
    Next Post »