PENGERTIAN BRUSH TOOL PHOTOSHOP CS3

Pengertian Brush Tool Photoshop

PENGERTIAN BRUSH TOOL PHOTOSHOP CS3  

Tutorial Photoshop CS3 kali ini mengenai Penjelasan Brush Tool CS3. Alat pada adobe photoshop ini sangatlah penting bagi pada design grafis. Karena brush dapat membuat gambar yang cukup menarik dan juga sangat kreatif. Dengan menggunakan tool ini sudah banyak gambar yang hasilnya begitu memuaskan dan tentunya gambar yang keren.



Brush tool adalah alah kuas untuk sapuan atau melukiskan suatu gambar pada lembar kerja. Tool ini memungkinkan untuk membuat sebuah sapuan

Penjelasan Brush Tool Photoshop CS3
Setiap tool memiliki sebuah pengaturannya masing-masing yang terdapat pada Options Bar. Dalam penggunaan tool brush yang perlu diperhatikan adalah beberapa opsi-opsi yang mengatur tool brush tersebut yang terdapat pada options bar. Untuk penjelasannya ada dibawah ini :

Penjelasan Tool Brush


1. Jenis Brush: berguna untuk memilih salah satu jenis brush yang sudah diberi oleh photoshop. Jika diklik akan muncul kotak seperti ini.

Penjelasan Jenis Brush

2. Bentuk & Ukuran Brush: berfungsi untuk pengaturan bentuk dan ukuran brush yang diinginkan. Untuk mengatur klik segitiga hitam lalu akan muncul kotak seperti pada gambar dibawah ini.

Pengaturan Brush

  • Diameter: berfungsi untuk menyeting besar kecilnya ukuran kuas. Untuk mempercepat mengatur diameter bisa menggunakan tombol pads keyboard yaitu "[" untuk memperkecil, "]" untuk memperbesar.
  • Hardness: berfungsi untuk mengatur kekuatan tekanan brush. Tool ini bisa menggunakan tombol pada keyboard yaitu tombol "{" dan tombol "}".
  • Brush Present: berfungsi untuk memunculkan pilihan bentuk atau  pola kuas. 

3. Blending Mode: berfungsi untuk membuat effect blending (pencampuran) pada brush. Blending mode membuat dua atau lebih layer yang berisikan brush menjadi menyatu.

4. Opacity: berfungsi untuk mengatur transparasi atau gelap terang pada kuas brush.

5. Flow: berfungsi untuk mengatur kuat lembut aliran cat pada kuas.

6. Air Brush: berfungsi untuk mengatur kemampuan airbrush. airbrush dalam photoshop adalah sebuah alat penyemprot untuk painting. Perbedaan jika menggunakan airbrush adalah jika saat menggunakan brush sewaktu-waktu berhenti pada satu titik dan tetap menekan mause maka akan menjadi seperti ini.

Penjelasan Air Brush

7. Brush Palette: berguna untuk memunculkan palet brush. Setelah diklik akan muncul kotak palet seperti pada gambar dibawah ini. Palet brush ini berguna untuk pengaturan brush yang di inginkan. Contohnya saja penambahan Texture untuk brush, shape, dll.

Brush Pallete

Sekian artikel tentang Pengertian Brush Tool Photoshop CS3. Semoga bermanfaat dan selamat belajar photoshop. 
Previous
Next Post »