Cara Mempresentasikan Hasil Penelitian

Gambar cara mempresentasikan hasil penelitian

Mempresentasikan hasil penelitian adalah dimana seseorang yang sudah melakukan penelitian dan hasilnya akan dikemukakan oleh banyak orang. Biasanya hasil penelitian ini dilakukan di kegiatan seminar atau diskusi.

Di dalam sebuah kegiatan penelitian pasti akan ada satu agenda untuk mempresentasikan penelitian tersebut. Agar anda dapat mempresentasikan penelitian tersebut dengan baik dan dapat dipahami oleh pendengar. Disini saya akan membantu anda mempresentasikan hasil penelitian dengan benar. Mari simak pembelajaran berikut!

Pengertian Penelitian

Penelitian merupakan bentuk kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilaksanakan secara sistematis untuk mengkaji suatu masalah ilmu pengetahuan. Penelitian dilaksanakan secara objektif, logis, dan analitis. Maksudnya, penelitian tidak boleh memihak, didasarkan penalaran yang masuk akal, serta berusaha mengembangkan nalarnya berdasarkan teori dan metode tertentu dalam mengkaji suatu masalah. 

Tahapan dalam penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penulisan laporan. Selain tiga tahap tersebut, kadang kala penelitian perlu disosialisasikan kepada masyarakat baik itu secara tertulis maupun lisan, kegiatan tersebut melalui presentasi atau diskusi.

Presentasi hasil penelitian adalah kegiatan peyampaian hasil penelitian secara lisan dalam suatu forum seperti diskusi atau seminar. Dalam mempresentasikan hasil penelitian, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.
  1. Mencatat pokok-pokok yang akan disampaikan.
  2. Meringkas pokok-pokok penelitian dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
  3. Mempresentasikan hasil penelitian dengan bahasa yang baik dan benar.
  4. Menanggapi masukan dari peserta diskusi secara terbuka dengan bahasa yang baik dan benar.
Adapun hal - hal pokok yang akan dipresentasikan adalah sebagai berikut.
  1. Judul penelitian 
  2. Orang yang meneliti 
  3. Waktu penelitian
  4. Tempat penelitian
  5. Metode penelitian
  6. Sebab penelitian dilakukan
  7. Proses penelitian
  8. Hasil penelitian yang diperoleh

Cara Mempresentasikan Hasil Penelitian

Teknik Meyampaikan Hasil Penelitian
Dalam waktu yang terbatas, anda tidak mungkin meyampaikan hasil penelitian secara keseluruhan. Oleh karena itu, hal - hal yang telah diuraikan dalam laporan tidak perlu disampaikan semuanya. Pilihlah bagian - bagian yang penting saja. Dengan demikian, anda perlu membuat ringkasan laporan hasil penelitian sebelum menyajikannya. 

Bagian penting yang harus anda sampaikan, yakni pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan. Adapun proporsi penyajiannya sebesar 30 : 50 : 20. Artinya, 30% untuk bagian pendahulan, 50% untuk pembahasan, dan 20% untuk kesimpulan.

Sajikan ringkasan laporan tersebut dengan menggunakan kata - kata kunci yang mudah diingat dan mewakili bagian penting laporan tersebut. Akan lebih baik jika ringkasan tersebut anda sajikan dalam bentuk bagan?skema. 

Keberhasilan suatu presentasi, selain ditentukan kualitas makalah juga dipengaruhi oleh pembawaan yang tepat. Untuk itu saat melakukan presentasi, anda harus memperhatikan sikap, penampilan, serta cara pengaturan suara yang baik, sebab hal tersebut mempengaruhi tanggapan peserta diskusi. 

Mengomentari Presentasi Hasil Penelitian

Penelitian adalah proses ilmiah yang harus dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Oleh karena itu, dalam presentasi hasil penelitian anda diharapkan jeli dan kritis dalam menaggapi dan menilai hasil penelitian tersebut. Apakah hasil penelitian tersebut sudah memenuhi syarat - syarat sebagai karya ilmiah yang baik atau belum. Jenis tanggapannya sama dengan tanggapan yang disampaikan dalam diskusi atau seminar, yakni dapat berupa pertanyaan, dukungan, dan kritikan.

Proses jalannya presentasi suatu hasil penelitian dapat digambarkan melalui bagan berikut.

Bagan proses jalanya presentasi hasil penelitian

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meyampaikan tanggapan balik, antara lain sebagai berikut.

  1. Tanggapan harus sesuai dengan apa yang disampaikan oleh peserta.
  2. Gunakan kalimat yang efektif.
  3. Utarakan tanggapan secara runtut dan gunakan kalimat yang santun.
Tanggapan baik dapat berupa pembelaan, penerimaan saran, atau penjelasan. Perhatikan contoh tanggapan berikut!
"Saya sependapat dengan pernyataan yang dikemukakan sandara penyaji, bahwa memang tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat kita untuk menjaga kelestarian lingkungan masih sangat rendah. Contoh yang paling nyata adalah sebagian besar dari masyarakat kita masih membuang limbah rumah tangga di sungai. Teguran - teguran yang diberikan, hanya dianggap sebagai angin lalu. Mereka sama sekali tidak memperduliakan akibat dari kegiatan negatif tersebut."

Contoh tanggapan balik :
"Terima kasih atas tanggapan saudara arin yang memberikan dukungan positif atas pendapat saya tadi. Dari hasil penelitian saya, memang demikian adanya. Akan tetapi, kita tidak boleh meyerah, kita harus terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan - kegiatan negatif yang mencemari lingkungan. Kita juga perlu memikirkan solusi - solusi yang bisa diterima semua pihak."
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar