Diskusi


Pengertian Diskusi

Menurut Wikipedia, diskusi adalah sebuah interaksi antara dua orang atau lebih (kelompok). Sedangkan menurut KBBI, diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Berarti Kesimpulannya, diskusi adalah suatu pertukaran pikiran, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan dengan tujuan mencari kesepakatan dan kesepahaman gagasan.

Tujuan Diskusi

  • Untuk mempertemukan pendapat dari anggota kelompok untuk mengambil keputusan bersama.
  • Untuk memperoleh penjelasan yang lebih menyeluruh
  • Untuk merencanakan tidakan atau langkah supaya dapat menyelesaikan sesuatu masalah yang dihadapi
  • Untuk menggali nilai yang berhubungan dengan manusia dan sikap dalam menghadapi suatu masalah

Jenis - Jenis Diskusi

  1. Diskusi formal (resmi)
  2. Didalam diskusi ini terdapat lembaga pemerintah atau semi pemerintah, dimana didalam diskuni ini perlu adanya ketua, penulis serta penyaji yang diatur secara formal. Aturan yang dipakai dalam diskusi ini biasanya ketat dan rapi. Jumlah peserta siswa pun umumnya lebih banyak bankan bisa melibatkan seluruh siswa kelas. Berbicara spontan biasanya dilarang sebab harus ada izin dari moderator agar jalanya diskusi lebih tertib.
  3. Diskusi nonformal (tidak resmi)
  4. Aturan di dalam diskusi ini tidak terlalu ketat karena sifatnya yang tidak resmi. Penerapanya bisa dalam diskusi keluarga dan dalam belajar mengajar dilaksanakan dalam kelompok-kelompok dimana peserta diskusi ini bersifat "face to face relationship".

Unsur - unsur diskusi

Dalam pelaksaan suatu acara diskusi, ada beberapa unsur yang harus diperlukan disaat proses berjalannya suatu diskusi. Unsur - unsur ini tidak boleh ditinggalkan (wajib), jika ada salah satu unsur yang dilupakan maka diskusi tidak akan berjalan dengan semestinya. Dan unsur-unsur tersebut adalah :
  1. Materi
  2. Diskusi akan terlaksana jika ada sebuah topik atau tema yang akan dibahas. Topik ini biasanya berupa informasi yang aktual atau baru dibicangkan masyarakat. Semakin aktual suatu permasalahan semakin banya peserta yang menaruh perhatian pada kegiatan diskusi.
  3. Manusia
  4. Unsur ini adalah unsur pelaksana suatu kegiatan diskusi. Unsur ini yang sangat menentukan bejalan atau tidaknya diskusi. Karena jika tidak ada manusia yang melaksanakan diskusi, siapa lagi?. Ada 4 tugas yang harus dilaksanakan yaitu
    • Moderator
    • Moderator adalah seseorang yang bertugas mengatur jalanya kegiatan diskusi dengan tertib dan mengatur jalanya diskusi dari awal sampai akhir agar tetap dalam topik permasalahan yang dibahas. Moderator juga bertugas membuka acara dan menutup acara diskusi.
    • Penyaji Makalah 
    • Penyaji makalah adalah orang yang menyajikan makalah tentang permasalahan yang dibahas dan juga orang yang memberi tanggapan. pembicara makalah biasanya orang yang telah menguasai tentang permasalah yang didiskusikan.
    • Notulis 
    • Notulis adalah orang yang bertugas mencatat data-data penting secara tertulis dalam bentuk notula. Notulis juga bertugas mencatat tanggapan yang diberikan peserta, menyusun simpulan diskusi dan membuat laporan diskusi.
    • Peserta
    • Peserta/ partisipan/ Audiens merupakan orang-orang yang mengikuti kegiatan diskusi dari awal sampai akhir. Peserta dapat atau berhak mengajukan pertanyaan dan tanggapan. 
 3.  Perlengkapan
      Perlengkapan dalam pelaksanaan diskusi meliputi pemilihan tempat yang akan dilakukan dalam diskusi,           yaitu sarana seperti LCD, viewer, dsb.

Macam - Macam Diskusi

Diskusi memiliki beberapa bentuk atau macam yang berbeda. dan bentuk-bentuk diskusi itu adalah:
  1. Diskusi Kelompok
  2. Bentuk ini perlu ada ketua atau moderator, notulis, dan beberapa peserta yang sekaligus sebagai penyaji maupun penyangga. Pada akhir diskusi, moderator menyampaikan hasil diskusi.
  3. Diskusi Pleno 
  4. Pertemuan antara kelompok-kelompok untuk melaporkan hasil dari diskusi masing-masing kelompok. Diskusi ini adalah diskusi tindak lanjut dari diskusi kelompok.
  5. Diskusi Panel
  6. Diskusi ini membutuhkan beberapa pakar dari profesi yang berbeda untuk bentindak sebagai pembicara. Diskusi ini sudah merencanakan suatu topik didepan para pengunjung. Pada akhir diskusi, moderator meyampaikan pokok-pokok pikiran hasil diskusi
  7. Seminar
  8. Diskusi ini digunakan untuk mencari kesepakatan langkah/pandangan dalam menghadapi persoalan. Para peserta diskusi diberi kesempatan untuk menaggapi/menyanggah makalah tersebut. Diskusi ini mempertemukan para pakar ilmu pengetahuan yang berusaha untuk mendapatkan kata sepakat. Pada akhir diskusi moderator meyampaikan hasi pemikiran.
  9. Sarasehan/Simposium
  10. Simposium adalah pertemuan dengan beberapa pembicara atau para ahli yang mengemukakan sebuah pidato atau pendapat tentang suatu prasaran hal/masalah dalam bidang tertentu.
  11. Lokakarya/Sanggar karya
  12. Lokakarya adalah sebuah pertemuan antara sesama para ahli (pakar) untuk membahas suatu karya/masalah dibidangnya yang berlatar belakang profesi/pekerjaan yang sama. Mereka berkumpul untuk memecahkan masalah dan mencari solusinya. Lokakarya merupakan sebuah pertemuan ilmiah yang kecil.
  13. Kongres
  14. Pertemuan besar antara para wakil suatu organisasi (Politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai masalah
  15. Konferensi
  16. Suatu pertemuan dimana orang-orang datang dengan tujuan untuk berpikir bersama agar mencapai suatu keputusan bersama. Umumnya dihadiri oleh wakil-wakil cabang organisasi (induk) untuk meyelesaikan masalah yang dihadapi organisasi tersebut. Biasanya peserta koferensi koferensi mempuyai minat dan latar belakang yang sama.
  17. Mukhtamar
  18. Pada dasarnya pelaksanaan diskusi mukhtamar sama dengan diskusi kongres dan konferensi. Tetapi ada yang membedakannya yaitu, diskusi ini lebih dikenal oleh kalangan organisasi islam.
  19. Rapat
  20. Rapat adalah Sebuah diskusi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan secara musyawarah untuk mufakat. Diskusi ini merupakan suatu bentuk media komunikasi resmi yang bersifat tatap muka, dan sering dilakukan oleh organisasi-organisasi, baik swasta maupun pemerintahan.
  21. Debat
  22. Debat adalah pertukaran pendapat antara setiap orang yang membicarakan suatu masalah tertentu. Meraka akan mempertahankan gagasan masing-masing dengan argumennya.

Macam - Macam Diskusi Munurut Para Pakar (Ahli)

Ada beberpa pakar bahasa indonesia yang meyatakan gagasannya tentang macam-macam diskusi. Dan para ahli itu adalah :

1. Menurut Wina Sanjaya (2006)
  • Diskusi Kelas, disebut juga diskusi kelompok adalah proses pemecahan masalah yang dilakukan oleh seluruh anggota kelas sebagai peserta diskusi.
  • Diskusi Kelompok kecil, dilakukan dengan membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil. Jumlah anggota kelompok sekitar 3-5 kelompok.
  • Simposium, adalah metode mengajar dengan membahas suatu persoalan dipandang dari berbagai sudut pandang berdasarkan keahlian. Simposium dilakukan untuk memberi wawasan yang luas kedapa siswa.
  • Diskusi Panel, adalah pembahasan suatu masalah yang dilakukan oleh beberapa orang panelis yang biasanya terdiri dari 4-5 orang dihadapan audiens.
2. Menurut Dewa Ketut Sekardi (2008)
  • Dilihat dari jumlah Anggota, diskusi kelompok berbentuk kelompok besar dan kelompok kecil. Kelompok besar berjumlah 20 orang atau lebih. Sedangkan kelompok kecil berjumlah kurang dari 20 orang, biasanya sekitar 2-12 orang. 
  • Dilihat dari pembentukan, diskusi kelompok berbentuk formal dan informal . Dalam bentuk formal, proses pembentukannya sengaja untuk dibentuk suatu diskusi kelompok. Sedangkan yang informal/nonformal, proses terbentuknya diskusi secara spontan dan tanpa direncanakan.
  • Dilihat dari tujuan, diskusi kelompok ada 2 macam yaitu pemecahan masalah dan terapi anggota. Pemecahan masalah memiliki ciri utama menekankan pada hasil diskusi, sedangkan terapi anggota menekankan pada proses diskusi.
  • Dilihat dari waktu diskusi, diskusi ini mempuyai dua macam yaitu, maraton dan singkat/regular. Marathon dilakukan secara terus menerus tanpa jeda waktu selama 5-12 jam, sedangkan singkat regular 1-2 jam dan dilakukan secara berulang-ulang.
  • Dilihat dari masalah yang dibahas, diskusi kelompok ada dua macam yaitu sederhana dan kompleks/rumit. Sederhana mempuyai ciri utama masalah yang dipecahkan relatif mudah, sedangkan kompleks/rumit masalah yang dipecahkan cukup sulit. 
  • Dilihat dari aktifitas kelompok, diskusi ini ada dua macam yaitu, terpusat pada pemimpin dan demokrasi (terbagi ke semua anggota). Diskusi yang terpusat pada pemimpin cenderung anggotanya yang kurang aktif akan tetapi pemimpinya yang lebih aktif. Sedangkan demokrasi, anggota dan pemimpinya sama-sama aktif dalam memberi saran dan pendapat.

Manfaat Diskusi

Diskusi memiliki banyak manfaat jika kita melakukan kegiatan diskusi. Dari manfaat untuk kehidupan sehari-hari maupun manfaat untuk diri sendiri.
  1. Meningkatkan kemampuan berfikir dalam memecahkan masalah
  2. Dapat meyatukan berbedaan pendapat 
  3. Menambah wawasan dan pengetahuan 
  4. Agar dapat berbagi ilmu kepada sesama
  5. Mampu berfikir logis dalam meyampaikan argumenya 
  6. Mengembangkan keberanian dan rasa percaya diri disaat berbicara dalam forum diskusi
  7. Membiasakan sikap saling menghargai
  8. Menambah sikap demokrasi
  9. Mengembangkan kemampuan berbicara
  10. Mewaujudkan proses kreatif dan analitis
  11. Menguji sikap toleransi
  12. Pengembangan kebesasan pribadi, dst.
      Previous
      Next Post »