Cara Mencatat Informasi Tuturan Langsung Dan Tuturan Tidak Langsung

informasi tuturan langsung dan tidak langsung


Mendengar Informasi Tuturan Langsung

Anda sering mendengarkan informasi, bukan? informasi dapat kita dengar dari tuturan langsung, seperti diskusi, gelar wicara, pidato, siaran berita, bahkan perbincangan biasa dengan teman-teman. Informasi penting bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, sebaiknya biasakan mentimak informasi dengan baik. Caranya mencatat pokok - pokok isi informasi yang disampaikan, menyimpulkan dengan runtut dan mudah dipahami. Kemudian, sampaikan informasi tersebut kepada orang lain.

Salah satu kunci untuk menentukan pokok - pokok informasi adalah menggunakan rumus 5W+1H, yaitu what (apa), Who (siapa), Where (dimana), When (kapan), why (mengapa), dan How (bagaimana).Ketika kita mendengar informasi kadang anda juga akan meyampaikan informasi itu kembali kepada orang lain. Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam penyampaian informasi di depan orang banyak di antaranya teknik bicara, gerak - gerik (gesture), transisi, dan alat peraga jika diperlukan.

Mendengar tuturan langsung bertujuan memperoleh atau meyerap informasi. Saat mendengarkan tuturan langsung ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu kata kunci, tujuan informasi itu diberikan, dan akurasi informasi tersebut.

Pengertian Tuturan Langsung  

Tuturan langsung (lisan) adalah tuturan yang berisi informasi yang diperoleh dari narasumber secara langsung. Contoh tuturan langsung : percakapan, pidato, diskusi, komentar lisan dan wawancara, percakapan di radio/televisi. Ciri tuturan langsung adalah hanya dapat didengar sekali.

Radio dan televisi adalah jenis media elektronik yang banyak digunakan masyarakat.Dalam kedua media ini terjadi interaksi berupa kemunikasi satu arah atau dua arah. Komusikasi satu arah, penyiar menyampaikan informasi kepada pendengar atau pirsawan. Komunikasi dua arah interaksi yang terjadi timbal balik antara penyiar dan permirsa (pendengar).

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhartikan dalam mendengarkan untuk memperoleh informasi tuturan langsung dengan tepat, yaitu kata kunci, sumber yang terjadi rujuka penyiar, tujuan informasi itu diberikan, dan akurasi informasi yang disampaikan.

Langkah - langkah agar dapat mencatat pokok - pokok informasi tuturan langsung, kita harus punya prinsip - prinsip mendengarkan. Seseorang dikatakan mampu mendengarkan tuturan langsung apabila menggunakan prinsip - prinsip berikut :
  1. Bersiap mendengarkan dengan pikiran terbuka (berkonsentrasi)
  2. Memahami ide dan fakta dalam tuturan langsung
  3. Menilai iden dan fakta dalam tuturan langsung
  4. Memotivasi diri untuk mencatat dan membuat laporan hasil menyimak
  5. Mencari hal - hal menaarik baru, tepat dan berguna dari informasi tuturan tidak langsung.
  6. Menagkap teknik penguraian dari tuturan langsung.
  7. Berlatih mendengarkan berbagai siaran langsung
Langkah - langkah menulis kesimpulan :
  1. Mendengarkan dengan teliti isi informasi yang disampaikan secara langsung.
  2. Menafsirkan pokok - pokok informasi (5W + 1H) yang telah disampaikan.
  3. Menulis kembali pokok - pokok informasi tersebut secara ringkas.


Pengertian Tuturan tidak langsung

Dan tuturan tidak langsung (bacaan) adalah tuturan yang berisi informasi yang diperoleh dari narasumber secara tidak langsung.  Contoh tuturan tidak langsung : internet, rekaman, VCD. Ciri tuturan tidak lngsung adalah dapat didengar berulang - ulang.
     
Kegiatan menangkap informasi tuturan tidak langsung pada prinsipnya sama dengan menangkap informasi secara langsung. Yang membedakan hanyalah sumber informasinya. sumber informasi secara langsung adalah seseorang yang diistilahkan dengan informan. Sedangkan sumber informasi kegiatan tuturan tidak langsung umunnya diperoleh melalui media  internet, rekaman, VCD.
     
Anda dapat meyimpulkan isi informasi yang disampaikan secara tidak langsung. Simpulan atau ringkasan merupakan cara efektif untuk meyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk singkat. Tujuan membuat ringkasan atau simpulan adalah untuk memahami atau mengatur isi informasi.
   
Langkah membuat simpulan dari tuturan tidak langsung :
  1. Membaca naskah asli.
  2. Mencatat gagasan utama
  3. Membuat Reprosuksi, yaitu meyusun kembali suatu karangan singkat (ringkasan) berdasarkan gagasan utama.  


Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
February 8, 2016 at 1:04 PM ×

Contoh apa? teks? Kalau contoh penerapannya sudah saya jelasin di atas.

Reply
avatar