Cara Menulis Paragraf Argumentasi Dan Contoh Teks Argumentasi

cara menulis paragraf argumentasi

Pengertian Argumentasi

Paragraf merupakan gabungan beberapa kalimat yang berisi suatu gagasan (ide). Paragraf yang baik harus memenuhi syarat kesatuan, kepaduan dan kelengkapan. kesatuan paragraf maksudnya tiap paragraf hanya mengandung satu kalimat pokok (utama). Syarat kepaduan paragraf maksudnya adalah hubungan antar kalimat yang saling berkaitan sehingga logis dan serasi. Paragraf dikatakan lengkap bila terdapat kalimat - kalimat penjelas secara lengkap untuk menunjukan pokok pikiran (kalimat utama).  

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengungkapkan pendapat yang disertai dengan fakta, alasan, contoh dan bukti - bukti yang mengandung pendapat tersebut. Tujuannya agar pembaca meyakini pendapat yang disampaikan tersebut.

Jenis Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi dapat dikembangkan dengan pola hubungan sebab akibat , akibat sebab, dan generalisasi. Hubungan sebab akibat bertolak dari peristiwa yang dianggap sebab kemudian menuju simpulan sebagai efek (akibat). Hubungan akibat sebab berlaku sebaliknya. sedangkan generalisasi bertolak dari satu fakta atau peristiwa khusus yang memiliki kemiripan untuk membuat sebuah simpulan.

Ciri Paragraf Argumentasi

  1. Terdapat penjelasan yang berfungsi untuk isi dari tulisan.
  2. Untuk penulisan karya tulis bersifat nonfiksi atau ilmiah.
  3. Memberikan asumsi yang bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada orang lain, bahwa apa yang dikemukakan benar.
  4. Terdapat fakta atau bukti-bukti yang terdapat dalam paragaf tersebut baik itu berupa tabel, data, gambar sebagai pendukung bahwa tulisan atau karya tulis tersebut valid.
  5. Terdapat kesimpulan diakhir paragraf sebagai pendukung dari keterangan dan fakta yang telah dipaparkan.

Contoh Teks Argumentasi



Mengerem Laju Urbanisasi
       Seperti tahun - tahun sebelumnya, isu urbanisasi selalu mengemuka seiring dengan arus balik pemudik setelah Lebaran menuju Jakarta dan kota sekitarnya. Tak terbantahkan, wilayah sekitar Metropolitan seolah magnet yang kuat menarik warga daerah mencari peruntukan.
      Sesuatu yang tidak berlebihan ketika faktanya di Jakarta dan kota sekitarnya bertebaran pusat - pusat kegiatan ekonomi, termasuk konsentrasi kawasan industri. Adalah hal yang jamak ketika warga yang merasa daerahnya tidak memberi jaminan kemudian memilih hijrah untuk berikhtiar mencari nafkah. 
      Data hasil survei 2013 Direktarot Jendral Pengembangan Perwilayahan Industri Kementrian Perindustrian (kemenperin), ada 74 kawasan industri di indonesia dengan luas total 30.03,35 hertare (ha). Sebayak 55 kawasan industri dengan luas 22.795,9 ha atau 75,88 persen dari total luas kawasan industri di Indonesia tersebut berada di Pulau Jawa.
      Apabila dirinci lagi, pentebaran kawasan industri tersebut terkosentrasi di Jawa Barat yakni sebanyak 23 kawasan dengan luas 11.881 ha. Disusul Banten dengan 16 kawasan industri seluas 6.195,30 ha. Apabila ditambah dengan tiga kawasan industri di DKI jakarta seluas 1.089,60 ha, makin banyaklah pusat aktivitas ekonomi di Jakarta-Bogor-Depok-Tanggerang-Bekasi yang dilirik warga dari daerah.
     Kenaikan upah minimum tahun 2013 di DKI jakarta dan sekitarnya hingga kisaran 40 persen, sebenarnya mulai ikut membantu penyebaran kawasan industri dari sekitar jakarta ke daerah. kalangan pengusaha khususnya dari industri yang padat karya menilai upah ini terlalu tinggi dan sangat memberatkan. Mereka berniat memindahkan industri mereka terutama ke Jawa Tengah.
     Langakah penyebaran kawasan industri agar tidak semata terkumpul di jawa, khususnya Jabotabek, patut diapresiasikan. Ke depan, lankah tersebut akan turut berperan dalam meredam laju perpindahan penduduk ke Jabotabek yang sudah demikian padat penduduknya.
     Terbangunnya pusat - pusat kegiatan ekonomi di daerah, temasuk kawasan industri, akan memeberi pengaruh berganda. Selain mendorong pertumbuhan ekonimi , kawasan industri dapat pula mengerem laju urbanisasi. Adalah tugas pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan menentukan jenis industri andalan di tiap daerah. Sejauh manfaat sebesar - besarnya adalah untuk rakyat, program tersebut tentu akan diterima masyarakat.

Topik teks tersebut adalah    : Permasalahan urbanisasi yang harus dihentikan di wilayah sektor kota metropolotan/kota besar

Pendapat dalam teks adalah  : "Seperti tahun - tahun sebelumnya, isu urbanisasi selalu mengemuka seiri dengan arus balik pemudik setelah Lebaran menuju Jakarta dan kota sekitarnya. Tak terbantahkan, wilayah sekitar Metropolitan seolah magnet yang kuat menarik warga daerah mencari peruntukan."

Bukti yang mendukung pendapat berupa pendapat, fakta, hasil penelitian : 
FAKTA : "Sesuatu yang tidak berlebihan ketika faktanya di Jakarta dan kota sekitarnya bertebaran pusat pusat kegiatan ekonomi, termasuk konsentrasi kawasan industri. Adalah hal yang jamak ketika warga yang merasa daerahnya tidak memberi jaminan kemudian memilih hijrah untuk berikhtiar mencari nafkah."
HASIL PENELITIAN : "Apabila dirinci lagi, pentebaran kawasan industri tersebut terkosentrasi di Jawa Barat yakni sebanyak 23 kawasan dengan luas 11.881 ha. Disusul Banten dengan 16 kawasan industri seluas 6.195,30 ha. Apabila ditambah dengan tiga kawasan industri di DKI jakarta seluas 1.089,60 ha, makin banyaklah pusat aktivitas ekonomi di Jakarta-Bogor-Depok-Tanggerang-Bekasi yang dilirik warga dari daerah.     
PENDAPAT: "Terbangunnya pusat - pusat kegiatan ekonomi di daerah, temasuk kawasan industri, akan memeberi pengaruh berganda. Selain mendorong pertumbuhan ekonimi , kawasan industri dapat pula mengerem laju urbanisasi. Adalah tugas pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan menentukan jenis industri andalan di tiap daerah. Sejauh manfaat sebesar - besarnya adalah untuk rakyat, program                   tersebut tentu akan diterima masyarakat."  

Pola Pengembangan : 
SEBAB AKIBAT : Paragaraf 2 dan 6
AKIBAT SEBAB : Paragaraf 1
GENERALISASI : Paragaraf 3 dan 4
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
June 30, 2018 at 4:45 AM × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar