CARA MENGKRITIK INFORMASI DARI MEDIA CETAK/ELEKTRONIK

cara mengkritik informasi dari media elektronik dan cetak

CARA MENGKRITIK INFORMASI DARI MEDIA CETAK/ELEKTRONIK  

Apakah anda pernah  meyampaikan satu kritikan terhadap sesuatu? Kritikan muncul karena seseorang tidak setuju akan sesuatu. Dalam mengkritik hal yang patut diperhatikan salah satunya adalah kelancaran dan kejelasan dalam peyampaiannya. untuk itu perlu menggunakan kalimat yang tepat dan volume suara yang memadai agar dapat dipahami. Selain itu, disertai dengan alasan berdasarkan atas pemahaman dan pemikiran yang mendalam. Sehingga kritik dapat menjadi bahan masukan yang bermanfaat untuk memecahkan suatu masalah.Hal yang penting lainnya adalah menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain.
Ketika anda membaca atau menyimak sebuah wacana tulis atau tuturan langsung anda dituntut untuk bersikap kritis. anda dapat mempertanyakan kebenaran informasi tersebut atau menyatakan tanggapan berupapersetujuan, sanggahan, maupun kritik. namun, anda tidak boleh asal menanggapi, ada cara dan etikanya, antara lain sebagai berikut :
  1. Harus sesuai dengan persoalan dalam informasi tersebut.
  2. Dilengkapi dengan alasan (argumen) yang logis dan jelas.
  3. Disamping dengan bahasa yang baik, lamcar, jelas, dan sopan.
Tahapan yang dilakukan dalam memberi kritik terhadap informasi dari media cetak atau elektronik adalah sebagai berikut:
  1. Mencatat informasi dari artikel dengan mencantumkan sumbernya.
  2. Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat
  3. Meyertai Kritik yang disertai alasan
Didalam media elektronik atau cetak anda akan mendapatkan beragam informasi. Contohnya mendengar berita melalui siaran televisi atau radio, ataupun membaca sebuah berita/artikel dalam surat kabar, Disaat atau memperhatikan isi informasi didalam media elektronik ataupun cetak mungkin anda ingin mengkritik informasi tersebut.
Jika anda ingin mengkritik informasi dari media cetak dan elektronik, anda harus meyampaikan kritikan dengan bahasa yang baik serta santun. Jangan sampai membuat tersinggung atau salah paham hanya karena gaya anda meyampaikan kritikan kurang santun. Selain itu, anda juga harus mempuyai bukti atau fakta pendukung dan alasan yang logis sehingga kritikan anda itu menjadi suatu pendorong untuk memperluas wawasan (kritikan membangun).
Berikut adalah hal-hal yang harus anda perhatikan agar kritikan yang anda sampaikan mudah dipahami oleh orang lain :
  1. Kritikan harus sistematis, yaitu kalimatnya harus jelas dan kata - katanya mudah dipahami
  2. Ditunjang dengan kebenaran fakta disertai bukti.
  3. Berisi penjelasan yang meyakinkan.

Previous
Next Post »