Cara Mendeskripsikan Novel remaja

mendeskripsikan novel

Pengertian Novel 

Novel adalah karangan proses panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang - orang sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Novel merupakan salah satu ragam karya sastra yang berbentuk prosa. Novel berbentuk dari unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur pembentukan karya sastra yang berasal dari dalam karya sastra itu sendiri. Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur pembentukan karya sastra yang berasal dari luar karya sastra.
Novel remaja adalah novel yang cetikanya berkisar pada kehidupan remaja. Bahasa yang digunakan dalam novel remaja lebih menarik dan mudah dipahami. Isi kutipan novel kadangkala memiliki kesamaan dengan kehidupan yang kita alami.
     
Novel Memiliki unsur intrinsik, yaitu tema, latar, tokoh (pelaku), alur, dan amanat. Unsur pelaku merupakan tokoh yang menjadi pelaku dalam cerita novel. Pelaku atau tokoh tersebut mempuyai kaarekteristik masing - masing. Ada yang perwatakannya pemarah, tegas, pemalu, dan sebagainya.
   
Tema merupakan pokok persoalan dari sebuah cerita yang bergulir. Tema ibatar payung atau pagar dari rangakaian peristiwa yang terjadi. Adapun yang dimaksut tema adalah permasalahan pokok (utama) yang merupakan landasan dalam penyusunan cerita sekaligus permasalahan yang ingin disampaikan pengarang melalui karya tersubut.
     
Latar atau setting adalah waktu dan tempat terjadinya peristiwa. Dengan adanya latar, pembaca dapat menggambarkan kapan dan dimana peristiwa itu terjadi. Latar dalam novel dibagi menjadi tiga katergori sebagai berikut.
  1. Latar tempat adalah keterangan yang berupa tempat atau lokasi dalam suatu cerita.
  2. Latar waktu adalah keterangan yang menunjukan waktu. 
  3. Latar suasana adalah keterangan yang menunjukan suasana dalam cerita.
Dalam menjelaskan tema dan latar novel yang telah kamu baca, perlu memperhatikan langkah - langkah sebagai berikut.
  1. Meyimak dengan konsentrasi, cermat, teliti.
  2. Memahami inti cerita yang dapat ditangkap secara utuh.
  3. Memperhatikan unsur - unsur intrinsik cerita, terutama berkenaan dengan tema dan latar.
Watak adalah sifat atau karakter yang dimiliki oleh pelaku dalam novel. Watak dapat dilukiskan pengarangnya secara langsung atau tidak langsung. Secara langsung, artinya pengarang melukiskan watak tokoh dengan peryataan - peryataan pengarang secara langsung. Secara tidak langsung, artinya pengarang melukiskan watak tokohnya dengan percakapan atau dialog -dialog pelakunya. Karakter tokoh bersifar universal, artinya seorang tokoh dapat memiliki karakter yang sama meskipun dalam cerita cerita yang berbeda. Pada dasarnya, dalam sebuah novel terdapat beberapa karakter tokoh sebagai berikut.

  1. Karakter yang berkaitan dengan posisi  : tokoh utama, tokoh pembantu, dan tokoh biasa.
  2. Karakter yang berkaitan dengan sifat    : Lembut, kasar, pemarah, sabar, dan gegabah.
  3. Karakter yang berkaitan dengan peran  : Antagonis, protagonis, dan nertal. 

Pelaku merupakan unsur penting yang mampu menghidupkan cerirta. Pelaku dalam novel dibagi 2 sebagai berikut.
  1. Pelaku Utama, Pelaku yang menjadi pusat pengisahan. pelaku ini sering muncul dan menjadi pembicaraan.
  2. Pelaku sampingan, pelaku yang pemunculannya hanya sekali atau beberapa kali saja. pelaku tersebut hanya sebagai pelengkap sehingga tidak menjadi pusat pembicaraan.
    
Alur disebut juga dengan plot adalah jalinan peristiwa yang diwujudkan dalam hubungan waktu dan sebab akibat. Didalam alur terdapat rangkain cerita yang dibentuk oleh tahapan - tahapan peristiwa sehingga terjalin suatu cerita yang menghadirkan atau melibatkan para tokoh dalam suatu cerita. Dalam membuat cerita pengarang bebas dalam memilih alur cerita.
  1. Alur maju/lurus (progresif), yaitu urutan kejadian mengarah pada masa depan. alur ini diawali dengan perkenalan, konflik, perumitan, klimaks, dan anti klimaks. 
  2. Alur mundur/sorot balik (regresif/flash back), yaitu urutan kejadian mengarah ke masa lalu. alur ini tidak dimulai dari tahap awal cerita.
  3. Alur campuran, yaitu alur/urutan kejadian yang merupakan gabungan dua macam alur di atas( ada alur maju dan alur mundur). alur ini diawali klimaks, kemudian melihat lagi masa lampau dan dilanjutkan sampai pada penyelesaian. 

Mengomentari dan Menanggapi Hal yang Menarik dari Kutipan Novel

Novel remaja adalah sebuah karya sastra yang menceritakan berkaitan tentang kehidupan masa remaja. Hal - hal yang dapat ditanggapi dan dikomentari dari sebuah novel meliputi kisah yang menjadi isi dari novel tersebut. Isi kisah tersebut tersusun dari adanya unsur - unsur intrinsik dan ekstrinsik yang membangunnya. Unsur - unsur tersebut menjadi sangat penting dalam upaya memberikan tanggapan terhadap sebuah novel karena dalam hal ini kemenarikan dari sebuah novel juga dapat diuraikan berdasarkan unsur - unsur tersebut.Disaat menanggapi dan mengomentari suatu novel dapat dilihat dari :
  1. Penggunaan bahasa,
  2. Unsur - unsur novel (unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik),
  3. Ungkapan hal - hal yang menarik dalam kutipan novel tersebut, dan
  4. Kelebihan dan kekurangan novel tersebut.
Dalam memberikan komentar dan tanggapan harus disertai dengan alasan yang tepat. Agar tidak ada kesalahpahaman dalam meyampaikan komentar atau agar tidak ada orang yang tersinggung dalam komentar yang diberikan. 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
May 27, 2015 at 9:04 PM ×

tes

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar