Apakah Itu Photoshop?


Apakah Itu Photoshop?

Jika kamu sudah pernah mengedit gambar/foto pasti kamu sudah pernah mendengar software yang bernama Photoshop. Karena photoshop ini sering digunakan untuk desain grafis yang menggunakan basis Bitmap dan Vektor. Photoshop aja belum tahu? Apalagi Bitmap dan vektor? Tenang!!! Nanti saya jelaskan kok.

Sebelum kita mengulas perangkat lunak photoshop, kita akan membahas tentang bitmap dan vektor. Yang pertama bitmap, Jadi bitmap atau yang disebut juga dengan grafis raster adalah kumpulan dari sebuah titik-titik yang biasanya disebut dengan pixel (Picture Element). Itulo kalau gambar dizoom maka gambarnya akan pecah-pecah nah itu yang namanya bitmap.

Kalau vektor apa? vektor adalah gambar yang dibuat dari garis atau kurva mengguankan rumus matematis. Vektor ini jika kita zoom kama hasilnya tidak akan kelihatan pecah-pecah. Nah, vektor ini bisa kita buat didalam perangkat lunak photoshop. Biasanya vektor banyak digunakan para design grafis untuk membaut objek-objek yang menarik.

Setelah kamu tahu tentang vektor dan bitmap maka sekarang kamu akan harus mengenal apa itu photoshop. Karena yang sudah saya bilang tadi perangkat lunak ini sering digunakan untuk mengedit gambar/atau format bitmap dan vektor. Adobe photoshop atau yang sering dikenal dengan photoshop adalah Software yang berasal dari Adobe Systems yang digunakan untuk mengedit gambar atau foto dan juga pembuatan efek untuk gambar atau foto tersebut.

Photoshop ini tersedia untuk windows dan mac. Perangkat lunak photoshop ini sering digunakan untuk para fotografer dan disainer pembuatan iklan. Dengan menggunakan software ini kamu bisa melakukan hampir semua editing gambar seperti membuat vektor, gambar hitam putih, logo, dan masih banyak lagi.

Dengan fitur-fitur yang begitu banyak dari perangkat ini, penggunanya akan menjadi lebih mudah saat menggunakannya. Jika kamu seorang design grafis maka ini adalah software yang harus kamu miliki di PC kamu.

Produk - Produk Photoshop

Ada banyak sekali produk - produk photoshop. Yang saya tahu produk ini mulai dirilis tahun 1988. Sebenarnya banyak sekali produk-produk dari photoshop. Tapi saya akan membahas beberapa produk dari photoshop.

Photoshop CS

Photoshop CS atau sering disebut dengan Photoshop Creative Suit ini memiliki banyak pembaruan dari versi sebelumnya. Versi CS banya sekali dari CS, CS2, CS3, CS4, CS5, dan yang terakhir yaitu CS6. Kamu bisa lihat lebih detailnya di situs Adobe. Versi CS ini sudah memiliki fitur-fitur yang melimpah contohnya saja kita bisa membuat objek 3D. Jika kamu ingin software ini mungkin kamu harus merobok kocek. Karena harga dari photoshop CS6 yang terbaru yaitu berkisar US$ 699,00- atau kalau dalam rupiah ya... sekitar 9 jutaanlah itu saja jika kamu membeli dari situs Adobe kalau membeli di toko-toko indonesia mungkin akan lebih mahal. Tapi kamu tidak akan menyesal dengan fitur-fitur didalamnya.

Photoshop CC

Jika kita sudah membahas CS sekarang kita membahas tentang CC. CC yang berarti Creative Cloud, produk ini dirilis setalah keluarnya photoshop CS6. Sebenarnya CC dan CS6 mempuyai tampilan yang sama tetapi memiliki fitur yang berbeda. Fitur ini berguna sekali bagi para photografer contohnya saja fitur Camere Shake Reduction. Fitur ini dapat menambahkan Pixel yang kosong atau gambar blur menjadi lebih tajam. Jika dilihat Harga dari produk ini adalah $20 perbulan dalam pembayara pertahun.

Nah, itu sekilah tentang photoshop, semoga bermanfaat dan selamat mencoba software photoshop kamu. Dan teruslah belajar agar menjadi editor yang prefesional.
Previous
Next Post »