Tips Menghafal Dengan Cepat

Tips Menghafal Dengan Cepat






















saya akan membagi sebuah artikel tentang tips menghafal dengan cepat. Karena banyak sekali dari kalangan para siswa-siswi yang kesulitan saat menghafal pelajaran. Tapi itu akan menjadi mudah jika kamu terus berusaha. Kali ini saya akan membagi kepada kamu bagaimana menghafal dengan cepat.

Tips menghafal dengan Cepat

Menghafal sebuah materi adalah hal yang biasa kita lakukan di jenjang pendidikan. Dari jenjang pendidiakan SD, SMP, SMA, maupun jenjang pendidikan Universitas. Semua itu kita lakukan agar mempermudah disaat kita mengerjakan sebuah ujian. Entah itu ujian semesteran, ujian harian, ujian kenaikan kelas, maupun ujian nasional. Menghafal sebuah pelajaran merupakan tantangan tersendiri untuk mendapatkan nilai yang kamu inginkan.

Terkadang disaat kamu menghafal sebuah materi kamu merasa kesulitan untuk melakukannya. Jika kamu menganggap menghafal sebuah materi pelajaran adalah hal yang sulit, kamu salah!. Materi yang banyak dan waktu yang sempit membuat kamu malas dan tidak bersemangat untuk menghafal materi tersebut. Tetapi menghafal sebuah pelajaran akan menjadi semakin mudah jika kamu terus berlatih dan tak kenal kata menyerah.

Mungkin kamu sudah menghafal sebuah materi begitu banyak. Namun disaat kamu mengerjakan sebuah ujian kamu mendadak lupa akan semua materi yang sudah kamu ingat sebelumnya. Ada bebarapa penyebab lupa materi saat ujian. Salah satunya adalah tehnik menghafal yang salah atau tidak pahamnya kamu pada pelajaran tersebut dan lain sebagainya.

Sebenarnya sangat banyak tips dan trik menghafal sebuah pelajaran dengan cepat. Berikut beberapa cara agar kamu bisa menghafal materi dengan mudah.

1. Kenali Gaya Belajar
Kesulitan menghafal bisa jadi disebabkan oleh gaya belajar kamu yang tidak cocok dengan karekter dirimu sendiri. Yang pertama kamu harus tau gaya belajar kamu agar dapat mempermudah pembelajaran yang kamu lakukan disaat menghafal. Semua orang memiliki karekternya masing-masing sebagai seorang pelajar. Tipe belajar memiliki 3 macam yaitu tipe audiotorik, visual, dan kinestika.

Tipe audiotorik ini adalah orang-orang yang lebih kuat mengingat disaat ada suara yang didengar. Orang ini lebih kuat mengingat hanya dengan mendengarkan seseorang berbicara dengan keras. Tips untuk karakter
andiotorik adalah dengan cara minta teman kamu untuk membacakan sebuah materi yang ingin kamu ingat dengan suara yang keras. Jika kamu hanya sendirian usahakan bacalah dengan suara yang keras agar suara yang kamu keluarkan bisa diingat dengan keras. Atau juga bisa mendengarkan sebuah rekaman pelajaran.

Tipe Visual yaitu kamu-kamu yang mengandalkan mata saat pembelajaran. Orang ini dapat mengingat lebih kuat disaat dia melihat sesuatu. Jadi apa kamu orang yang termasuk tipe orang visual? Jika iya maka ada beberapa tips agar cepat mengingat suatu materi. Tips untuk tipe visual adalah buat sebuah catatan singkat dengan rapi dan semenarik mungkin. Agar catatan itu yang ditulis lebih disukai saat kamu baca. Cara agar tulisan kamu lebih menarik dengan menggunakan bolpin warna-warni atau dengan menggarisi beberapa hal-hal penting.

Tipe Kinestika ini memiliki ciri yang sangat unik contohnya saja ia selalu menggunakan jari sebagai alat penunujuk disaat membaca sesuatu. Orang yang mempuyai gaya belajar kinestika memiliki sifat belajar bergerak, meyentuh, dan melakukan. Tips untuk karakter ini adalah dengan cara belajar sambil berjalan-jalan ditaman.

2. Cari Tempat Yang Sesuai
Cari tempat yang sesuai untuk kamu belajar. Jika kamu lebih suka tempat yang suasana tenang dan ruangan yang rapi maka jangan sesekali memilih tempat yang memiliki suasana berisik atau gaduh. Karena tempat yang tidak sesuai maka bukan tidak mungkin kamu akan terganggu terhadap suasana tersebut. Tetapi ada juga orang yang lebih suka belajar sambil mendengarkan musik. Nah, cari tempat yang kamu anggap itu lebih nyaman.

3. Pahami Materi
Seseorang akan lebih mudah mengingat jika materi tersebut dapat kamu pahami. Karena kamu akan selalu ingat selalu apa yang kamu pahami. Menghafal itu bukan hanya sekedar mengingat materi tetapi juga harus mengerti apa yang kamu hafalkan. Disarankan untuk mengerti materi tersebut agar kamu tidak cepat lupa akan semua materi yang sudah kamu hafalkan.

4. Buat Singkatan
Agar kamu cepet mengingat maka buatlah singkatan yang menarik. Karena kadang materi yang mau kita hafalkan sangat banyak sekali. Tetapi jika kamu membuat singkatan yang aneh maka materi yang banyak akan menjadi lebih mudah kamu ingat. Contohnya saja yang banyak kita temui yaitu singkatan warna pelangi Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, disingkat menjadi "mejikuhibinui". Buatlah singkatan seaneh mungkin agar kamu dapat mengingatnya. Atau jika kamu sulit untuk membuat singkatan maka kamu hanya butuh membuat sebuah ringkasan kecil.

5. Makan Makanan Yang Bergizi
Di dunia ni ada banyak sekali makanan yang dapat membuat otak kamu lebih encer. Contohnya saja buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan kacang-kacangan seperti kacang almon. Atau kamu bisa memakan hasil laut seperti ikan salmon. Mungkin semua itu terlalu mahal maka yang lebuh sederhananya lagi kamu hanya harus memakan makanan 4 sehat 5 sempurna. Jangan makan jajanan-jajanan yang tidak jelas karena bukan tidak mungkin itu semua mengandung banyak bahan-bahan yang dapat menghambat pemikiran otak.

6. Istirahat Yang Cukup
Jangan sesekali kamu belajar sampai larut malam karena semua itu akan sia-sia. Jika kamu ingin sebuah sistem belajar yang baik maka hal yang paling penting adalah kamu harus selalu istirahat dengan cukup. Jika kamu memaksakan tubuh makan hasilnya tubuh akan kelelahan. Sepitar-pintarnya orang dia harus membutuhkan istirahat.

7. Mengulang-ulang Materi
Ulang terus apa yang sudah kamu hafalkan agar materi yang ingin kamu ingat tidak cepat hilang dalam memori otak kamu. Jika ini kamu lakukan terus menerus maka saya yakin materi itu akan lebih mudah untuk kamu ingat. Cara ini sangatlah ampuh untuk menghafal dan mengingat. Jika kamu sudah ingat sebuah pelajaran longgarkan waktu luangmu untuk mengulang lagi materi tersebut.

8. Jangan Malas
Hal yang paling penting dalam menghafal yaitu jangan pernah putus asa. Walaupun banyak sekali materi yang harus dikejar namun jika kamu memiliki jiwa semangat dan pantang meyerah. Maka kamu semuanya itu akan dijalani dengan mudah. Tetapi jika kamu mudah meyerah kapan kamu akan bisa menghafal materi itu dengan cepat?.

Nah, itu mungkin beberapa Tips Menghafal Dengan Cepat. Kesimpulannya carilah kenyamanan untuk menghafal dan jangan pernah malas untuk membaca. Karena membaca adalah jendela ilmu. Terima kasih dan Selamat memcoba!!!
Previous
Next Post »