Model Warna pada Photoshop


Model Warna Pada Photoshop

Warna adalah sebuah unsur yang terdapat pada gambar atau foto. Unsur warna ini akan menentukan keindahan yang ada dalam gambar tersebut. Istilah warna dalam photoshop sering disebut juga dengan model warna atau mode warna.

Disaat menggunakan photoshop, memahami medel warna dan mode warna ini sangatlah penting. Di artikel kali ini akan menjelaskan tentang model warna pada photoshop. 

Apa itu model warna?

Model warna adalah sebuah cara yang digunakan untuk menentukan warna. Model warna akan menunjukan warna yang akan tampil pada layar monitor dan warna yang akan muncul pada kertas (percetakan).

Photoshop memiliki berbagai macam model warna. Ada 3 model warna yang sangat popules dalam pengerjaan photoshop. Model warna yang paling populer yaitu sebagai berikut.

1, RGB
2. CMYK
3. Lab Colour

RGB

 
Warna RGB

RGB adalah model warna yang memiliki warna dasar yaitu merah, hijau, biru. Sesuai singkatannya RGB yaitu Red (merah), Green (hijau), Blue (biru) dalam bahasa inggris. RGB atau sering disebut dengan additive color. Warna - warna dasar tersebut jika dicampurkan akan menghasilakan warna lain. Contoh campuran warna merah, hijau, biru akan menghasilkan warna putih.

Model warna ini sering digunakan untuk gambar yang akan ditampilkan pada media elektronik. Contoh kegunaan model warna RGB yaitu untuk menampilkan suatu gambar pada media televisi dan media komputer. Kadang juga digunakan untuk model warna pada photografi.

Dalam penggunaan warna RGB ini sangatlah sederhana. Skala yang digunakan warna ini adalah 0 (hitam) sakla paling rendah, sedangkan slaka paling tinggi yaitu 255 (putih). Untuk mendapatkan warna yang indah, memakainya harus dengan kombinasi yang sesuai.
Color RGB

Misalnya kombinasikan warna RGB dengan skala yang sama. maka akan mendapatkan warna abu-abu. atau kombinasikan warna dengan skala 255 semuanya maka akan menghasilakan warna putih. atau kombinasikan dengan skala 0 maka menghasilakan warna putih.


CMYK

 
Warna CMYK

CMYK adalah warna yang digunakan untuk gambar percetakan seperti printer. CMYK atau singkatanya Cyan Magenta Yellow (kuning) Key (hitam). CMKY juga sering disebut juga dengan Subtractive. Gunakan model warna CMYK untuk hasil percetakan yang berkualitas.
Color CMYK

Dalam pemakaian warna CMYK ini memiliki slaka 0% sampai 100%. Contoh warna merah terang maka presentasenya adalah Cyan 2% Magenta 93% Yellow 90% dan Key 0%. Jika semua skala dijadikan 0% maka akan muncul warna putih sedangkan warna hitam jika semua skala dijadikan 100%..

Lab

Model warna lab merupakan model tiga dimensi. Warna ini didasarkan pada presepsi warna manusia. Arti dari lab sendiri adalah L (lightness, a dan b) atau juga cahaya.

Presentase yang digunakan untuk warna lab sangat berbeda dengan warna RBG atau CMYK. Nilai skala yang digunakan adalah untuk lightness/Luminance adalah 0 sampai 100. sedangakan nilai kromatik a dan b adalah -120 sampai 120.
Color Lab

Cara Mengubah Model Warna di Photoshop

Untuk mengubah model warna pada photshop bisa dengan cara :
Klik Image > Mode > dan pilih model warna. Maka akan muncul channel warna pada panel channel. Contoh mode RBG.

Channels RGB

Kesimpulan

Gunakan model warna RGB untuk penggunaan  gambar website atau gambar dvd. Dan gunakan model gambar CMYK untuk bisnis percetakan dan hasil printer yang memuaskan.



Previous
Next Post »