Tips Dan Trik Menjadi Siswa Yang Sukses

Tips Dan Trik Menjadi Siswa Yang Sukses-perpustakaan vikko

Apakah kamu seorang pelajar? Seorang pelajar pasti menginginkan menjadi yang paling sukses disekolahan. Maka dari itu para pelajar berusaha untuk mendapatkan nilai paling tinggi disekolahan, minimal paling tinggi sekelas.

Banyak sekali keuntungan menjadi seorang siswa yang sukses. Contohnya saja mendapatkan kepopuleran disekolahan karena dianggap orang yang paling rajin dan juga mendapatkan segudang prestrasi khusus.

Pasti sudah banyak teman-teman pelajar disekolahan yang mendapatkan prestasi karena mengetahui bagaimana menjadi siswa yang sukses. Berikut ini adalah tips dan trik menjadi siswa sukses.

1. Gunakan Buku Agenda

Buku agenda ini berisikan catatan-catatan semua agenda yang ada dikelas. Seperti catatan setiap tugas yang harus dikerjakan (daftar tugas), waktu pengumpulan tugas, tanggal ujian/ulangan, dan lain-lain. Gunakan buku agenda ini dan pasang pengingat waktu untuk pengerjaan tugas, pengumpulan tugas, dll.

2. Ingat Untuk Meyerahkan Tugas

Kumpulkan tugas tepat waktu agar tidak banyak tugas yang menunpuk. Usahakan tugas dikerjakan dengan lengkap dan benar. Dan yakinlah bahwa tugas yang kamu kumpuklan itu sudah sesuai instruksi guru.

3. Berkomunikasi Dengan Guru

Maksud dalam berkomunikasi dengan guru bukan berkomunikasi dengan media elektronik. Melainkan bertanya pada guru tentang materi pelajaran yang belum jelas dan catatlah jawabannya. Hormati keputusan guru dan jangan meminta perpanjaang waktu.

4. Membuat Zona Belajar

Carilah tempat belajar yang cocok dengan kepribadian dan gaya belajar. Buatlah tempat belajar yang nyaman dan menarik. Tempat yang nyaman untuk belajar.akan membuat suasana hati tenang. Jika suasana hati tenang maka belajarpun menjadi lebih bersemangat

5. Membaca Materi

Bacalah meteri pembelajaran sesering mungkin dan bacalah sebelum pembelajaran dimulai. Cara ini akan memudahkan untuk memahami materi yang akan dibahas dikelas. Gunakan juga cara membaca skimming (membaca cepat).

6. Mencatat Dengan Cepat Disaat Pembelajaran

Jangan malas untuk mencatat materi pelajaran yang guru tulis dipapan tulis. Dan catatlah poin-poin materi yang disampaikan guru. Catatan ini akan melengkapi penjelasan meteri yang belum ada di buku.

7. Perhatikan Tekanan

Dengarkan semua pokok-pokok materi yang diulang dan ditekankan ketika guru meyampaikan pembelajaran. Setelah itu catatlah dibuku tulismu agar kamu tidak lupa akan semua yang telah guru sampaikan.

8. Pelajari Mata Pelajaran 

Pelajarilah masing-masing mata pelajaran yang ada dijadwal pertemuan selanjutnya. Bacalah minimal 1 jam dalam sehari agar saat pertemuan dimulai kamu lebih mengerti semua materi tersebut.

9. Membuat Kelompok Belajar

Carilah teman yang kamu anggap nyaman dan relevan untuk menjadi kelompok belajar,. Diskusikan materi pembelajaran yang belum kamu pahami dan bantulah temanmu juga tentang semua materi yang belum dia mengerti.

10. Rencanakan

Atur dan rencanakan waktu kapan kamu akan belajar. Jika diwaktu malam hari kamu tidak bisa belajar atau mengerjakan tugas maka belajarlah disiang hari. Maka kamu tidak akan mendapatkan tumpukan tugas yang bagitu banyak.

11. Jangan Belajar Mendadak

Jangan sesekali kamu belajar hanya disaat ada ujian saja. Belajarlah setiap hari sehingga kamu tidak akan pernah merasa kelelahan sebelum ujian datang. Awali dengan belajar singat lalu sedikit demi sedikit sampai ujian kamu tiba.

12. Jaga Diri Anda Sendiri

Yang terakhir adalah menjaga kesehatan dan pikiran kamu. Buatlah kebiasaan hidup yang sehat dan mendukung belajar agar nantinya kamu menjadi siswa-siswi yang sukses. Seperti makan yang teratur, tidur yang cukup, istirahat, rileks, olahraga, dan tertawa. Hahahaha

Sekian dulu artikel tantang Tips dan trik menjadi sisawa yang sukses kali ini semoga bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Anonymous
admin
May 22, 2016 at 6:33 PM ×

Sukses bisa diraih setiap orang, tetapi hanya sebagian orang yang benar-benar serius untuk menggapai sukes, sisanya... kebanyakan ngayal.

Reply
avatar
May 25, 2016 at 3:42 PM ×

Setuju. Terus berusaha dan berdoa.

Reply
avatar