Tips Presentasi Yang Efektif

Gambar audiens saat presentasi

Sebagai pelajar, melakukan presentasi bukanlah hal yang asing, bahkan menjadi bagian dari kegiatan pembelajaran. Namun, bagi sebagian pelajar melakukan presentasi bisa menjelma menjadi hal yang menakutkan sehingga menimbulkan kesan ingin menghindarinya.


Apakah kamu juga beranggapan demikian? Sebaiknya buanglah jauh-jauh anggapan seperti itu. Selain menumbuhkan rasa percaya diri, kegiatan presentasi juga bisa melatih kita pandai berbicara di depan orang banyak. Lalu, bagaimana agar bisa sukses dan lancar berpresentasi?

1. Memahami dan Menguasai Materi

Kunci utama sukses presentasi adalah menguasai materi. Kalau kamu memiliki mental yang bagus, tetapi tidak menguasai materi, presentasi juga tidak akan sukses. Pemahaman terhadap materi akan menambah rasa percaya diri saat berpresentasi.

Cara paling ampuh untuk menguasai materi adalah membuat poin-poin materi yang akan disampaikan. Dari setiap poin akan muncul berbagai penjelasan. Ambil penjelasan yang kamu anggap penting, kemudian pelajari berulang-ulang.

2. Melatih Cara Berbicara dan Ekpresi Wajah

Apakah kamu tipe orang yang mudah gugup ketika berbicara di depan orang banyak? Cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan banyak berlatih.

Cobalah berlatih berbicara di depan cermin. Sampaikan poin-poin penting yang telah kamu pelajari sebelumnya, Kemudian perhatikan penampilan dan ekspresi kamu ketika berbicara. Lakukan secara berulang-ulang

3. Mempersiapkan Penampilan dan Alat Pendukung

Selain  menguasai materi, kamu juga harus memperhatikan penampilan dan alat-alat pendukug. Pastikan semua telah disiapkan dengan baik. Persiapan yang mateng akan menambah rasa percaya diri dan menghindarkan kamu dari kepanikan.

4. Berdoa dan Berfikir Positif

Biasakan untuk mengawali segala aktivitas dengan berdoa, termasuk ketika hendak presentasi. Doa diyakini akan memberikan kekuatan positif pada dirimu.

5. Menarik Perhatian Audiens/Publik

Ketika presentasi berlangsung, jangan hanya terpaku pada teks. Pandang mata setiap orang di hadapanmu dan sesekalu libatkan mereka (audiens), misalnya dengan bertanya atau melontarkan berbagai komentar menarik.

Ciptakan suasana santai tetapi fokus pada materi presentasi. Perhatikan juga intonasi, artikulasi, dan kecepatan berbicaramu. Jnagan telalu cepat atau terlalu lambat dalam berbicara.

Kesimpulannya adalah terus berlatih dan kuasailah materi presentasimu agar saat menghadapi audiens kamu tidak akan gugup. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »