5 Cara Menulis Cerpen Yang Baik

5 cara menulis cerpen yang baik





















Kali ini saya akan membagi sebuah artikel tentang 5 Cara Menulis Cerpen Yang Baik. Banyak sekali dikalangan para pelajar bingung bagaimana cara menghasilkan cepen yang baik. Nah, artikel ini akan membahas bagaimana cara-cara yang harus dilakukan untuk membuat cerpen itu lebih baik lagi.

Cerpen adalah karangan, fiksi berbentukprosa dengan rentang cerita relatif pendek. Permasalahan dalam cerpen tidak sekomplek novel. Biasanya cerpen terdapat satu aspek yang ditunjukan secara domain.

Segala unsur dalam cerpen harus diseleksi secara cermat sehingga titik puncak ceritanya segera dicapai. Tema yang diangkat tidak terlalu luas dan dapat diambil dari kejadian atau peristiwa yang diamati atau dialami. Watak diceritakan ringakas dan cermat.

Alur dalam cerpen memusatkan diri pada satu tokoh dalam suatu kejadian/situasi pada waktu tertentu. Adapun latar baik berupa tempat atau waktu dapat dijadikan awal cerpen.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis cerpen sebagai berikut.
  1. Cerpen ditulis secara narasi
  2. Maksutnya ditulis secara narasi adalah menulis dengan rangkaian cerita yang runtut. Dijabarkan dari peristiwa waktu ke waktu caranya dengan dijabarkan dari awal cerita, lalu ke tengah cerita, setelah itu ke akhir cerita. Karena dengan begitu pembaca akan lebih mudah mengerti apa-apa yang kamu tulis di cerpen tersebut. Cara paling mudah untuk membuat cerpen yang baik dan menarik adalah buat dengan membuat urutan peristiwa paragraf yang teratur terlebih dahulu.
  3. Buat deskripsi
  4. Dengan pembuatan deskripsi yang baik akan membuat lebih menarik cerpen tersebut. Contohnya pembuatan deskripsi untuk tokoh, tempat atau suasana. Deskripsi dari cerpen membuat sebuah cerpen lebih jelas lagi. Karena semua pembaca tidak dapat melihat dan merasakan secara langsung objek yang kita tulis didalam cerpen tersebut. Deskripsi dapat membaut pembaca merasakan dengan tulisan deskripsi yang kamu tulis di cerita pendek tersebut Deskripsi sebenarnya bertujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak dapat mengalaminya langsung
  5. Gunakan dialog 
  6. Dialog di dalam cerpen adalah percakapan secara tertulis antara dua orang atau lebih. Tambahkan sebuah dialog dalam cerpen agar cerpen itu terdapat kesan kontak antar tokoh. Dialog membuat cerita pendek seperti ada sebuah sandiwara didalamnya. Kata-kata yang diucapkan tokoh cerpen menghasilkan penonjolan perasaan tokoh tersebut. Dan ini juga bertujuan untuk memberi sebuah petunujuk tentang tokoh dan lain-lainya. Karena cerita pendek yang benar adalah cerita yang terdapat sebuah dialog yang dibuat dengan benar.
  7. Konflik
  8. Disetiap cerpen harus ada yang namanya konflik karena konflik ini membuat cerita lebih hidup. Adanya pertentangan di cerita bertujuan agar cerita tersebut tidak monoton. Karena pembaca tidak suka dengan cerita yang datar, pembaca lebih tertarik dengan cerita yang lebih banyak pertentangan antar tokoh. Pertentangan ini membuat para pembaca cerpen merasa penasaran apa yang terjadi selanjutnya. Buatlah konflik semenarik mungkin dan seaneh mungkin.
  9. Penggunaan EYD yang tepat terutama berkaitan dengan tanda baca.
  10. Jangan sesekali lupakan penggunaan EYD atau biasanya disebut dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Karena ini adalah sebuah kaidah-kaidah pelafalan yang terdapat di sebauh cerita pendek. Aturan-aturan ini akan menggambarkan bunyu-bunyi disebuah tulisan. Dan juga Jangan lupakan penggunaan tanda baca. Karena semua itu dapat menggambarak bunyi-bunyi disebuah cerita. Contohnya saja tanda tanya (?), tanda seru (!). Buatlah penggunaan EYD yang baik dan benar.
Sekian artikel 5 Cara Menulis Cerpen Yang Baik. Intinya buatlah sebuah cerpen semenarik mungkin dan sebagus mungkin agar pembaca labih tertarik akan tulisan-tulisan yang kamu buat. Selamat mencoba!!!
Previous
Next Post »